Tetap Jaga Kebersihan Saat Banjir demi Hindari Penyakit

Kompas.com - 02/01/2020, 14:15 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Bersama banjir, beberapa penyakit turut mengintai. Sebaiknya, kita harus waspada akan penyakit yang bisa saja menyerang kamu setelah banjir surut maupun di tempat pengungsian.

Beberapa penyakit yang bisa saja menyerang diantaranya:

1.Diare, koleram dan disentri

Beragam bakteri dan organisme jahat datang bersama banjir dan mudah menyerang. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri rotavirus, shigella, E.coli, cryptosporidium, dll, ini biasanya akan membuat encer feses dan membuatmu sering buang air besar hingga menyebabkan tubuh lemas karena kurang cairan.

2.Demam berdarah

Demam berdarah jugaharus diwaspadai. Karena saat banjir, akan ada banyak genangan yang bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

3.Leptospirosis

Leptospirosis atau kencing tikus adalah penyakit yang menyerang manusia yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans.

Bakteri tersebut terdapat pada tubuh hewan dan masuk ke dalam tubuh manusia melalui mata, selaput lendir, dan luka terbuka yang kontak dengan air atau tanah yang terkontiminasi bakteri.

Gejala klinis leptospirosis sangat bervariasi, antara lain, demam tinggi, sakit kepala, menggigil, nyeri otot, muntah, kulit dan mata kuning, serta mata merah, sakit perut, diare, juga ruam.

Baca juga: Jadi Korban Banjir, Waspadai Gejala 5 Penyakit Berikut

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X